Final Pertama Timnas Indonesia Setelah Kena Banned FIFA


Final Pertama Timnas Indonesia Setelah Kena Banned FIFA, FIFA sudah mencabut sanksi untuk Indonesia, bulan Mei lalu. Hal tersebut dilakukan FIFA setelah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mencabut SK Pembekuan terhadap PSSI. Dengan dicabutnya sanksi FIFA, sepak bola Indonesia, khususnya tim nasional kembali menggeliat. Timnas Indonesia dipastikan dapat mengikuti turnamen-turnamen internasional.


Timnas Garuda sebelum sanksi FIFA

Turnamen bergengsi pertama yang diikuti Timnas Indonesia adalah AFF Suzuki Cup 2016 di Myanmar dan Filipina. Turnamen sepak bola antarnegara di ASEAN itu berlangsung pada 19 November hingga 17 Desember 2016. Timnas Indonesia tergabung dalam grup A yang di dalamnya terdapat tim-tim kuat seperti Thailand, Singapura, dan Filipina sebagai tuan rumah.

Dalam perjalanannya Timnas Indonesia melaju ke semi-final AFF Suzuki Cup 2016 dengan cara yang dramatis. Hingga laga ketiga grup A, jalan timnas Indonesia ke semi-final belum bisa dipastikan karena ketatnya perebutan tempat runner-up. Hingga akhirnya, Boaz Solossa dan kawan-kawan membenamkan timnas Singapura pada laga terakhir fase grup A di Stadion Rizal Memorial. Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly mencatatkan namanya di papan skor untuk menginspirasi kemenangan Garuda 2-1 atas Singapura.

SELEBRASI TIMNAS GARUDA

Timnas Indonesia jadi satu-satunya tim di fase grup AFF Suzuki Cup 2016 yang selalu berhasil mencetak lebih dari satu gol di tiap laga. Sekaligus jadi satu-satunya tim yang bisa membobol gawang Thailand yang meraih rekor tiga kemenangan dari tiga penampilan. Dua gol di laga pertama dilesatkan oleh Boaz Solossa dan Lerby Eliandry saat melawan Thailand. Dua gol di laga kedua saat kontra Filipina dicetak oleh Fachruddin Wahyudi dan Boaz. Sementara gol ke vital ke gawang Singapura dibuat oleh Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly yang mengantar Timnas Indonesia bertemu dengan Vietnam di semifinal.

Timnas Indonesia akhirnya lolos ke final Piala AFF 2016. Tim Garuda masuk ke final setelah menang agregat 4-3 dari timnas Vietnam di babak semifinal. Pada leg pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari timnas menang dengan skor 2-1. Leg kedua yang berlangsung di Vietnam berlangsung dramatis. Unggul agregat 2-1, Indonesia langsung mendapat kepungan dari skuat asuhan Nguyen Huu Thang. Hampir selama babak pertama Indonesia tak diberi kesempatan memegang bola. Beberapa kali gawang Indonesia mendapat ancaman berbahaya dari para pemain Vietnam. Namun sayang seluruh usaha mereka mampu digagalkan para pemain Indonesia. Memasuki babak kedua, Indonesia masih dalam kondisi tertekan. Namun, saat asik-asik menekan, Vietnam justru kecolongan lewat serangan balik cepat yang dilancarkan oleh Boaz Solosa. Umpan lambungnya sukses dimanfaatkan oleh Lilipaly menjadi gol. Sejak saat itu pertandingan berjalan lebih menarik dan terbuka. Vietnam tentu tak mau mengalah begitu saja. Hasilnya, Le Cong Vinh cs berhasil memaksakan pertandingan hingga babak tambahan waktu setelah pada menit ke 83 dan 90+3 Vietnam berhasil mencetak golmelalui kaki Vu Than dan Vu Minh. Akhirnya Indonesia berhasil menyudahi perlawan Vietnam setelah menit ke-97 Indonesia dihadiahi tendangan penalti oleh wasit. Manahati Lestusen yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugas diberikan kepadanya. Skor pun berkesudahan dengan skor 2-2. Pertandingan ini diwarnai beberapa keputusan wasit yang kontroversial.


Di final Indonesia sudah ditunggu oleh Thailand, yang secara meyakinkan masuk ke final setelah mengandaskan perlawanan Myanmar dengan agregate 6-0.

Dengan persiapan singkat dan berbagai masalah yang mengiringi perjalanan Timnas, apresiasi patut kita berikan kepada Timnas yang melaju jauh sampai ke final.

Semoga dengan Final pertama Indonesia setelah sanksi FIFA akan menjadi gelar pertama juga bagi Timnas Indonesia di AFF CUP. #AyoIndonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Final Pertama Timnas Indonesia Setelah Kena Banned FIFA"

Posting Komentar