Wajib Baca ! 7 Tanda Bayi Sedang Sakit

Wajib Baca ! 7 Tanda Bayi Sedang Sakit - Judul postingan ini hanya untuk yang punya anak saja lhooo ! hehehe,, maaf bercanda, siapa saja boleh membaca artikel ini. Karena siapa tahu adiknya, kakaknya, engkongnya, sodaranya, temannya ada yang punya bayi kecil juga, dan belum tahu tentang tanda tanda bayi kalau sedang sakit. Bayi rentan sekali dengan sakit, biasaya panas atau demam. Namun kadang kita tidak menyadari akan hal itu, karena kesibukan kita atau karena kita sedang asik kegiatan. Penyakit bayi juga bermacam macam, ada juga yang disertai batuk dan pilek. Kondisi ini terkadang tidak disadari oleh sebagian ibu. Mungkin saja saat ini itulah yang sedang terjadi pada bayi Anda dan Anda baru menyadarinya ketika sakit itu sudah berlangsung lama. Bukan tidak mungkin, sakit yang berlangsung lama akan menyebabkan masalah yang lebih serius. Sebelum hal itu terjadi, lebih pekalah dengan mengetahui tanda-tandanya. inilah tanda-tanda yang harus Bunda kenali ketika bayi sedang sakit.

1. Suhu Badan Tinggi
suhu badan tinggi
Bayi yang sakit akan mengalami kenaikan suhu badan. Tingkatkan kepekaan tangan Anda untuk mengetahui apakah anak sedang dalam keadaan baik atau tidak. Jika anak sedang sakit, badannya akan terasa lebih hangat dari biasanya utamanya pada bagian dahi, leher, dan lipatan lengan atas. Terkadang juga panasnya di bagian perut.

2. Tubuh Lemas
bayi lemas pertanda sakit
Karena sakit, tubuh bayi akan lemas. Kekuatan tubuh untuk bergerak akan berkurang. Selain badannya yang lebih hangat seperti tanda no.1, anda akan merasakan badannya kurang aktif, wajahnya tampak layu yang lebih banyak diam. Anda dapat memberikan dekapan yang hangat dan mengajaknya tersenyum atau bercakap untuk menghiburnya. Ini mungkin bisa mengurangi rasa sakitnya.

3. Kelopak Mata Cekung
Ini terjadi bila sakit yang dialami anak sudah cukup lama. Kondisi ini bisa disebabkan karena nafsu makan yang berkurang. Biasanya anak yang sedang sakit lebih susah makan. Atau juga dikarenakan nutrisi di dalam tubuh kurang diserap dengan baik. Sehingga yang pertama tampak ialah pada kelopak matanya yang cekung dan sayu.

4. Alis Mata Memerah
Warna kemerahan di sekitar alis mata akan tampak pada anak yang sakit. Meskipun tidak semua anak yang sakit dapat mengalami hal ini. Anda harus peka ketika raut wajah anak terlihat lebih ruam memerah terutama di bagian alis dan kelopak matanya.

5. Ubun-Ubun Mengempis
Tanda ini tidak dijumpai pada bayi yang badannya sehat. Kempisnya ubun-ubun ini juga mengartikan kondisi tubuhnya yang tidak bagus. Bayi yang sakitnya sudah berlngsung lama, ubun-ubunnya akan sedikit mengempis. Yang menandakan bahwa selama ia sakit, cairan di dalam tubuhnya berkurang.

6. Feses terlalu kental/berair
Ada beberapa faktor penyebab si kecil mengalami diare. Yang lebih sering dijumpai adalah karena makanan atau susu yang dikonsumsi. Bisa juga karena si anak sedang tidak enak badan atau masuk angin. Jika Anda peka, warna dan kondisi fesesnya akan berbeda dari biasanya. Normalnya feses adalah agak padat dan lembut. Sementara bayi yang hanya minum ASI, fesesnya lebih lembek dan kuning.

7. Sering Menangis Dan Merintih
bayi menangis dan merintih
Menangisnya bayi bisa dikarenakan banyak hal. Salah satunya yaitu karena kondisinya yang tidak baik. Selain tangisan, bayi juga bisa merintih. Karena keadaan tubuhnya yang lemah, rintihan bayi akan terdengar pelan. Anda harus jeli mengenali setiap tangisannya.

Bagaimana Bunda.? semoga tulisan diatas bermanfaat untuk bunda, agar mengetahui lebih dini gejala yang timbul pada anak,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wajib Baca ! 7 Tanda Bayi Sedang Sakit"

Posting Komentar