Sisi Lain tentang KB Yang Harus Anda Ketahui

Sisi Lain tentang KB Yang Harus Anda Ketahui - Setiap orang yang sudah berkeluarga pasti akan merencanakan kehidupan keluarganya di masa depan, salah satu caranya adalah dengan melakukan program KB, meskipun KB sebenarnya tidak diharuskan, tapi di indonesia KB sangat dianjurkan sekali. Slogan KB adalah 2 anak saja cukup, tapi kalau saya pribadi sih pilih slogan banyak anak banyak rejeki hehe :D

Jika berbicara tentang Keluarga Berencana (KB), kita sudah pasti tahu apa dan mengapa orang menggunakannya. Program ini telah dicanangkan melalui berbagai macam penyuluhan. KB sendiri memiliki banyak ragam diantaranya: KB Pil, KB Suntik, KB IUD, KB Steril, Susuk KB dan sebagainya. Masyarakat pun sudah banyak yang menggunakannya. Akan tetapi belum sepenuhnya mengerti dampak dan efek sampingnya. Karena itu penulis ingin menjabarkan sedikit tentang efek penggunaan KB dari beberapa fakta yang diungkapkan penggunanya.

1. Menstruasi yang tidak teratur
Ini adalah salah satu efek negatif dari penggunaan KB. Banyak orang yang mengungkapkan jika menggunakan KB Pil/Suntik, menstruasi mereka tidak lancar seperti biasanya. Bahkan ada yang tidak bisa berhenti mens selama pil itu dikonsumsi. Meskipun hal ini merupakan efek KB yang lazim dirasakan.

2. Penurunan atau peningkatan berat badan
Ada pengguna KB yang mengatakan berat badannya meningkat tajam. Layaknya seorang wanita yang menginginkan bera?t badan ideal, mereka malah mengeluh karena kegemukan. Ini tidak lain dikarenakan karena mengikuti program KB. Sebaliknya, ada juga yang menuturkan berat badannya turun drastis. Kalau dalam istilah Jawanya tinggal balung dan kulit (lunglit). Akan tetapi efek ini terjadi pada sebagian orang saja.

3. Badan lemas
Kandungan obat dalam pil/suntik KB bisa menyebabkan penggunanya merasa pegal atau lemas. Bahkan ada yang mengeluh sakit di sekujur tubuhnya. Ini adalah efek samping yang sangat mengganggu, meskipun tak semua pengguna KB mengalaminya. Atau dengan kata lain resiko ini bisa terjadi kalo KB yang digunakan tidak cocok dengan tubuh kita.

4. Muntah dan nyeri di bagian perut
Seperti yang telah dibahas di muka, selain pil/suntik, ada juga steril (Tubektomi). KB ini dilakukan bagi pasangan yang sudah tidak menginginkan keturunan alias KB permanen. Karena dengan jalan operasi, maka resikonya pun juga ada. Kasus yang pernah terjadi adalah pembengkakan pada bekas operasi. Seperti yang diruturkan pasien, ia tidak merasakan efek tersebut pada tahun pertama. Sakit itu dideritanya ketika anak sudah berumur kepala dua. Setelah diperiksa ahli medis, ternyata sakit itu berasal dari KB steril yang dilakukan.

Itulah sekilas tentang efek minus penggunaan KB yang diungkapkan mereka yang mengikuti program tersebut. Meskipun ada KB yang diperuntukkan bagi suami, namun sebagian besar penggunanya adalah para istri. Secara otomatis yang banyak merasakan dampaknya adalah kaum wanita.

Namun jika kita kaji lebih dalam, KB sangat penting disamping beberapa efek yang ditimbulkan seperti yang telah dijelaskan. Ini adalah bagian dari program pemerintah yang tentu saja sudah dipertimbangkan manfaat dan beberapa efek sampingnya. Bayangkan saja jika program KB tidak kita laksanakan. Apa jadinya dengan padatnya penduduk yang tidak diimbangi dengan kualitas SDM-nya?? Maka sudah selayaknya kita dukung. Sekarang tinggal bagaimana kita suami dan istri saling mengerti dan memahami untuk melaksanakan program yang berslogan 'dua anak cukup' ini.

Itulah tadi sekilas tentang efek KB. Berhati-hatilah dalam menggunakan KB. Selalu konsultasikan dengan dokter/bidan Anda jika ada masalah dalam hal ini. Karena efek KB itu sendiri akan menghasilkan reaksi yang berbeda untuk setiap orang. Bagi Anda yang menggunakan KB pil/suntik, periksalah secara berkala untuk memastikan agar resiko KB dapat diminimalisir. Jika Anda sudah melaksanakan Steril (Tubektomi), usahakan agar Anda tidak terlalu berat dalam bekerja untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi. Selain itu cobalah alternatif lain yakni dengan menggunakan kondom atau KB alami. Penggunaan kondom yang tepat sasaran juga bisa meminimalisir penyebaran virus HIV/AIDS.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sisi Lain tentang KB Yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar