Pengertian Agama Menurut Islam

Pengertian Agama Menurut Islam - Di indonesia ada 5 Agama yang diakui negara. Karena negara kita demokrasi, jadi ada berbagai suku, ras, agama dan lain lain. Khusus tentang agama, saya akan menulis sedikit tentang pengertian agama menurut islam. Kita tahu agama sudah tidak terlalu asing bagi kita bahkan sebagian besar dari kita terlahir dari keluarga yang mempunyai Agama. Akan tetapi, tahukah anda apa pengertian Agama? Untuk itu, mari kita melihat beberapa pendapat para pakar yang ahli di bidangnya mengenai pengertian dan definisi Agama.

Pengertian Agama Secara Umum
Agama adalah sebuah koleksi terorganisir dari kepercayaan, sistem budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan/perintah dari kehidupan. Banyak agama memiliki narasi, simbol, dan sejarah suci yang dimaksudkan untuk menjelaskan makna hidup dan / atau menjelaskan asal usul kehidupan atau alam semesta. Dari keyakinan mereka tentang kosmos dan sifat manusia, orang memperoleh moralitas, etika, hukum agama atau gaya hidup yang disukai. Menurut beberapa perkiraan, ada sekitar 4.200 agama di dunia.

pengertian agama menurut para ahli

Pengertian Agama Menurut Islam
Agama berasal dari bahasa arab yang mempunyai dua istilah yaitu addien dan almillah. Addien berarti syari’at dan almillah berarti orang yang melaksanakan ibadah agamanya. Jika dilhat dari segi lughat,kata “dien” itu masdar dari kata kerja “daana”-“yadiinu”.
Menurut lughat,kata dien mempunyai bermacam macam arti:
- Cara atau adat
- Perhitungan
- Peraturan
- Hari kiamat
- Undang-undang
- Nasehat
- Taat atau patuh
- Agama
- Mengesakan tuhan
- Kemenangan
- Pembalasan
- Kekuasaan


Pengertian Agama Menurut Para Ahli
Beberapa pengertian Agama menurut para ahli diantaranya adalah sebagai :

A.M. saefuddin (1987)
Menyatakan bahwa agama merupakan kebutuhan manusia yang paling esensial yang besifat universal. Karena itu, agama merupakan kesadaran spiritual yang di dalamnya ada satu kenyataan di luar kenyataan yang namfak ini, yaitu bahwa manusia selalu mengharap belas kasihan-Nya, bimbingan-Nya, serta belaian-Nya, yang secara ontologis tidak bisa diingkari, walaupun oleh manusia yang mengingkari agama (komunis) sekalipun.

Sutan Takdir Alisyahbana (1992)
Agama adalah suatu system kelakuan dan perhubungan manusia yang pokok pada perhubungan manusia dengan rahasia kekuasaan dan kegaiban yang tiada terhingga luasnya, dan dengan demikian member arti kepada hidupnya dan kepada alam semesta yang mengelilinginya.

Sidi Gazalba (1975)
Menyatakan bahwa religi (agama) adalah kecendrungan rohani manusia, yang berhubungan dengan alam semesta, nilai yang meliputi segalanya, makna yang terakhir, hakekat dari semuanya itu.

Dari ketiga pendapat tersebut, kalau diteliti lebih mendalam, memiliki titik persamaan. Semua menyakini bahwa agama merupakan :
Kebutuhan manusia yang paling esensial.
Adanya kesadaran di luar diri manusia yang tidak dapat dijangkau olehnya.
Adanya kesabaran dalam diri manusia, bahwa ada sesuatu yang dapat membimbing, mengarahkan, dan mengasihi di luar jangkauannya.

Semoga pengertian ini bermanfaat untuk anda semua

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Agama Menurut Islam"

Posting Komentar