Membaca Peta Politik Pilkada DKI Pasca Demonstrasi 4 November 2016

Membaca Peta Politik Pilkada DKI Pasca Demonstrasi 4 November 2016 ? - Setelah Demo tanggal 4 November 2016 kemarin banyak kejadian kejadian yang penuh tanda tanya, mungkin bisa kita dengar dari radio, televisi, internet media sosial dan lain lain. Entah ini berdekatan dengan pemilihan gubernur DKI atau kebetulan saja, atau malah disengaja masih penuh tanda tanya. Yang jadi pertanyaan para pembaca pasti apakah kejadian ini ada kaitannya dengan politik ?? kebetulan atau malah cuma iseng belaka ?hehe

Kejadian Demo yang berlangsung pada 4 November yang lalu adalah unjuk kekuatan umat Islam yang jika dilihat dari aspek mobilisasi massa, sangatlah luar biasa. Tidak ada sumber resmi yang menyatakan berapa sebenarnya jumlah massa dalam unjuk rasa tersebut, namun bisa dipastikan merupakan unjuk rasa ‘damai’ terbesar sepanjang Republik ini berdiri. Ya, damai namun dengan catatan karena pada akhirnya terjadi kericuhan antara peserta unjuk rasa dengan aparat keamanan, namun setidaknya tidak memakan korban jiwa dan tidak terjadi kerusuhan susulan dalam skala besar.


Demonstrasi tersebut, faktanya tidak menghasilkan kesepakatan yang luar biasa. Perwakilan demonstran yang pada akhirnya bersedia ditemui Wapres Jusuf Kalla, menyepakati bahwa proses hukum terhadap Gubernur DKI non aktif Basuki Tjahaja Purnama akan dilakukan secara tegas, cepat dan transparan dalam kurun waktu dua minggu. Tuntutan yang banyak digaungkan seperti ‘tangkap Ahok’, ‘penjarakan Ahok’, atau ‘tersangkakan Ahok’ sama sekali tidak mendapatkan respon dari istana karena kata kunci yang kemudian mengemuka adalah proses hukum, sesuatu yang dengan tekanan publik dan media sebelumnya pun sudah memperoleh respon positif dan tengah ditindaklanjuti pihak kepolisian. Yang disepakati adalah prosesnya, sementara hasil akhir proses tersebut bukanlah menjadi bagian dari kesepakatan.

Namun sekarang ini Ahok dipastikan statusnya menjadi tersangka. Nah bagaimanakah proses pemilihan pilkada DKI nantinya, mengingat Ahok juga Peserta dalam pemilihan gubernur DKI. Apakah ada pihak yang diuntungkan pemilihan pilkada DKI besok ? tentunya ada yang pro ada juga yang kontra. Semoga kejadian pasca Demo 4 november tetap damai selalu. karena indonesia cinta damai kan ?

sumber : seword

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membaca Peta Politik Pilkada DKI Pasca Demonstrasi 4 November 2016"

Poskan Komentar