Ini Dia 2 Alasan Ahok Tidak Perlu Ditahan

Ini Dia 2 Alasan Ahok Tidak Perlu Ditahan - Banyak yang tanya di sosial media, televisi, koran dll tentang kepastian ahok. Mereka bertanya mengapa ahok tidak ditahan  ? bahkan di fb terus aja muncul pertanyaan pertanyaan seperti itu, ternyata ada alasanya juga mengapa ahok tidak perlu ditahan. Tito Karnavian sebagai kapolri jenderal polisi memanfaatkan ajang silaturahminya ke Majelis Taklim Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsy untuk memberi pencerahan pada para jemaah, mengenai perkembangan kasus Ahok dalam kasus penistaan agama. Terutama, pertanyaan dari masyarakat menyangkut langkah Polri yang tidak kunjung menahan Ahok.

Tito membeberkan alasannya, peraturan di kepolisian menyebutkan ada dua faktor yang bisa menyebabkan seseorang ditahan, yaitu faktor subjektif dan objektif. Dari objektivitas, seluruh para saksi ahli yang diperiksa tak sepakat dalam memberikan keterangan akhir kepada kepolisian. Di lain pihak, penyidik pun tak bulat dalam memutuskan kasus Ahok ini.

ahok belum ditahan juga


“Itu objek utama. Dalam kasus tersebut, para saksi ahli terjadi perbedaan pendapat. Kedua penyelidikan penyidikan belum sepakat bulat,” kata Tito di Kwitang, Jakarta Pusat, pada hari Minggu (20/11/2016) kemarin. Sedangkan dari sisi subjektivitas, pihak Kepolri bisa melihat dari tiga faktor, menghilangkan barang bukti, Alasan melarikan diri dan mengulangi perbuatan.

“Kita melihat cukup kooperatif, Ahok belum dipanggil sudah datang, dipanggil resmi datang. Kedua ahok ikut pilkada, kalau melarikan diri habis rugi sendiri. Tapi kami penyidik tidak mau ambil risiko, makanya saya menambahkan mencegahnya ke luar negeri,” jelas Tito.

Berhubung dengan barang bukti, pihak kepolisian sudah berhasil mendapatkan barang bukti utama yakni berupa rekaman video. Rekaman yang didapat juga bukan berasal dari YouTube atau sosial media lainnya.

“Saya perintahkan segera, ambil video aslinya sebelum barang itu hilang. Akhirnya penyidik datang ke pemda, dapat lalu dibawa ke forensik. Saya tanya apakah asli? Asli pak,” imbuh Tito. Faktor mengulangi perbuatan juga dinilai belum cukup memenuhi unsur. Polisi menilai Ahok belum ada upaya mengulangi perbuatannya. “Sementara ini kita tak akan melakukan penahanan terhadap Ahok,” ujar Tito.

Itulah berita mengenai alasan ahok tidak perlu ditahan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia 2 Alasan Ahok Tidak Perlu Ditahan"

Posting Komentar