Ingin Tahu Maksud Surat Al Maidah Ayat 51 ?

Ingin Tahu Maksud Surat Al Maidah Ayat 51 ? - Surat Al Maidah ayat 51 sekarang ini mendadak ramai dibuka, karena banyaknya orang yang bicara tentang ayat suci alquran khususnya surat almaidah ayat 51. Kalimat ini mendadak terkenal. Hal ini tak lepas dari sosok bernama Ahok yang menyebutkan tentang al maidah ayat 51. Sekarang sudah banyak yang tahu tentang surat almaidah ayat 51. Namun banyak juga yang belum tahu sebenarnya apa maksud dari surat al maidah ayat 51.


Nah, bagi Anda yang males nyari info tentang bagaimana sih bunyi Surat Al Maidah ayat 51 itu, berikut saya tampilkan di sini.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى أَوْلِيَاءَ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ مِنْكُمْ فَإِنَّهُ مِنْهُمْ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ


Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.


Surat Al Maidah ayat 51 menjadi viral sejak beredar berita Ahok menggelar blusukan dan berdialog dengan masyarakat Kepulauan Seribu. Saat memberikan sambutan, Ahok sempat menyinggung mengenai Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta, salah satunya terkait isu pemimpin non Muslim.

Kalimat itu diucapkan Ahok dan terekam dalam sebuah video di menit 23. Dia meminta warga Kepulauan Seribu tetap memilih dengan hati nurani, meski ada yang pihak yang membawa-bawa surat Al Maidah ayat 51.

Isi Surat Al Maidah Ayat 51
Dalam Tafsir Ibnu Katsir diceritakan suatu ketika Khalifah Umar Bin Khattab pernah memerintahkan Abu Musa Al-Asyari untuk melaporkan kepadanya tentang semua yang diambil dan yang diberikannya (yakni pemasukan dan pengeluaran) dalam suatu catatan lengkap.

Dan tersebutlah tanpa sepengetahuan Khalifah Umar bahwa yang menjadi sekretaris Abu Musa adalah seorang Nasrani. Kemudian Abu Musa melaporkan persoalan administrasi itu kepada Khalifah Umar. Maka Umar heran lalu berkata, “Sesungguhnya orang ini benar-benar pandai, apakah kamu dapar membacakan untuk kami sebuah surat di dalam masjid yang datang dari negeri Syam?”

Abu Musa menjawab, “Dia tidak dapat melakukannya,”

Khalifah Umar bertanya, “Apakah dia sedang mempunyai jinabah?”

Abu Musa berkata,” Tidak, tetapi dia adalah seorang Nasrani,”

Maka Khalifah Umar membentakku dan memukul pahaku, lalu berkata, “Pecatlah dia!”

Selanjutnya Khalifah Umar membacakan firman Allah swt: Hai orang-orang beriman janganlah kalian mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi wali (kalian). (Al-Maidah: 51), hingga akhir ayat.

Sebelumnya beredar video yang menampilkan Ahok sedang berbicara di depan publik menyindir surat Al-Maidah ayat 51.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Tahu Maksud Surat Al Maidah Ayat 51 ?"

Posting Komentar