Ingin Buat Surat Miskin ?? Tirulah Banyuwangi, Cukup 6 Jam Membuatnya

Ingin Buat Surat Miskin ?? Tirulah Banyuwangi, Cukup 6 Jam Membuatnya - Perlu dicontoh birokrasi di banyuwangi ini. Karena apa, sekarang ini membuat apapun lamanya minta ampun, mulai dari antri, ribet dan banyak alasannya. Namun tidak di Banyuwangi. Warga Banyuwangi tidak perlu lagi menunggu lama untuk mengurus Surat Pernyataan Miskin (SPM). SPM online yang saat ini tengah digalakkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi akan memperpendek waktu penerbitan SPM dari 6 hari jadi hanya 6 jam.

"Bila yang selama ini pengurusan memakan waktu hingga enam hari, lanjut dia, dengan online hanya butuh enam jam," jelas Kepala bidang Kesejahteraan Rakyat Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Selasa (22/11).

ngurus surat miskin cepat dan mudah

Mekanisme kerja program ini adalah dimulai dengan warga yang mengurus SPM datang ke kantor desa, operator lantas menginput data warga. Data tersebut lantas dikoneksikan dengan kecamatan, dinas kesehatan, dan Bagian Kesejahteraan Masyarakat secara berjenjang untuk mendapatkan pengesahan.

"Pengesahan cukup dilakukan secara online. Proses verifikasi data warga pun dilakukan secara bersamaan dengan pengajuan SPM oleh satgas kemiskinan," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, untuk meningkatkan pelayanan publik, Pemkab Banyuwangi menggelar pelatihan Aplikasi SPM Online kepada operator desa se-Banyuwangi. Kedepannya seluruh pengurusan surat administrasi kependudukan pun saat ini dapat diselesaikan hanya di tingkat desa.

sumber : RMOL

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Buat Surat Miskin ?? Tirulah Banyuwangi, Cukup 6 Jam Membuatnya"

Posting Komentar