Ciri Kendaraan yang Bakal Ditilang pada Operasi Zebra

Ciri Kendaraan yang Bakal Ditilang pada Operasi Zebra - Nah ini yang perlu anda perhatikan baik baik bagi para pengguna sepeda motor maupun mobil. Karena sekarang ini lagi semarak operasi zebra, maka tidak salah jika anda membaca artikel ini. Apa sih operasi zebra itu ?? kemarin saya di tanya tentannga saya tentang hal ini, dan saya untungnya bisa jawab sedikit sedikit,

Pengertian operasi zebra
menurut saya Operasi Zebra adalah operasi yang mementingkan penegakan hukum, yaitu dengan tegas menindak pelaku pelanggaran lalu lintas. Nah operasi ini bertujuan untuk menertibkan pengguna kendaraan bermotor dijalan raya. Operasi ini diharapkan agar dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ketertiban dan keselamatan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pengguna kendaraan bermotor sekarang ini belum tentu punya SIM untuk mengendarainya, semoga dengan adanya operasi zebra ini bisa membuat masyarakat sadar akan ketertiban dan keselamatnnya dalam menggunakan kendaraan bermotor.

pengertian operasi zebra

Bagi para pemilik kendaraan bermotor baik roda dua atauoun rida empat, baiknya mempersiapkan kendarannya selama operasi zebra. Baik itu surat surat serta kondisi kesehatan saat berkendara.

Berdasarkan undang undang no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa kondisi kendaraan bermotor yang tidak lengkap akan ditilang. Nah poin apa saja yang akan ditilang??

SEPEDA MOTOR
- Kaca Spion
- Klakson
- Lampu Utama
- Lampu Rem
- Lampu Penunjuk Arah
- Alat Pemantul Cahaya
- Alat Penunjuk Kecepatan
- Knalpot

Apabila tidak ada salah satunya pasti akan ditilang, dan denda yang akan dikenakakan pada pelanggar adalah paling tinggi Rp.250.000

MOBIL
- Lampu mundur
- Lampu batas dimensi kendaraan
- Kaca depan
- Spakbor
- Bumper
- Wiper kaca
Apabila tidak ada salah satunya pasti akan ditilang, dan denda yang akan dikenakakan pada pelanggar adalah paling tinggi Rp.500.000


Tindakan lain yang tentunya juga kena tilang adalah apabila melanggar rambu rambu lalu lintas tidak bawa helm, sabuk pengaman, tidak membawa SIM, STNK, tidak membawa Plat Nomor. Bahkan jika anda menggunakan ponsel di jalan saat mengendarai kendaraan bermotor juga akan kena tilang.

Operasi Zebra ini akan berlangsung sampai 29 November nanti. Jadi taatilah peraturan ini. Semoga dengan ini anda bisa taat peraturan selamanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri Kendaraan yang Bakal Ditilang pada Operasi Zebra"

Posting Komentar