Adab Buang Hajat Dalam Islam Dan Ilmu Kesehatan

Adab Buang Hajat Dalam Islam Dan Ilmu Kesehatan - Jika kita pergi ke mall atau rumah sakit kalau kelamaan kadang kita selalu mencari toilet. Nah toilet jaman sekarang atau era modern tidak seperti toilet toilet umumnya di masa lalu. Kita lihat saja tempat untuk buang air besar, sekarang sudah menggunakan sistem duduk, bukan jongkok lagi. Bicara masalah buang air besar atau buang hajad, ternyata dalam islam ada aturannya. Yang perlu kita pahami disini adalah posisi saat buang hajat. Nah bagaimana posisi yang baik adab buang hajat dalam islam dan ilmu kesehatan.

Mari kita pelajari bersama, Nabi muhammad melakukan buang air kecil maupun buang air besar selalu dengan jongkok. Jongkoknya nabi pada saat buang air kecil atau besar ini, tidak terlepas dari kondisi jaman itu dan dari pakaian yang ia gunakan. Karena pada jaman Nabi, toilet terletak di dalam tanah yang ditutup dengan besi berlubang.

posisi yang benar saat buang air besar
Walau buang air kecil dengan jongkok lebih baik, akan tetapi pada prinsipnya ialah bagaimana cara agar tidak terkena najis. kita diperbolehkan buang air kecil sembari berdiri dengan ketentuan badan dan pakaiannya aman dari percikan air buang air kecil dan aman dari tatapan orang lain . Terutama kalau hal tersebut (berdiri) sangat dibutuhkan karena sempitnya pakaian atau karena ada penyakit di tubuh kita, namun hukumnya makruh kalau tidak ada kebutuhan.

Manfaat Buang Air Besar (BAB) atau kecil Sambil Jongkok
Secara medis dari hasil riset yang mereka lakukan, dari buang air besar (BAB) dengan posisi jongkok dapat menghindarkan terjadinya kanker usus besar. Saat posisi duduk, usus bagian bawah akan tertekuk sehingga proses pembuangan tidak dapat berlangsung efektif dengan sempurna tanpa bantuan mengejan yang anda lakukan. Pada dasarnya, dari mengejan sambil menahan napas akan meningkatkan tekanan dalam usus bagian bawah serta menyebabkan regangan dan pembengkakan pembuluh darah yang dapat membentuk wasir, terutama jika kebiasaan tersebut dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama

Melakukan BAB dengan cara jongkok, ternyata hal tersebut posisi alami yang sehat dan akan mengurangi tekanan pada bokong. Ender menjelaskan bahwa 1,2 milyar orang diseluruh dunia yang melakukan BAB jongkok hidup lebih sehat karena hampir tidak memiliki riwayat penyakit pencernaan diversikular dan lebih sedikit menderita wasir.

Nah itulah tadi pembahasan tentang adab buang hajat dalam islam dan ilmu kesehatan, semoga artikel ini bermanfaat. Jika di toilet tidak ada tempat untuk jongkok saya biasanya nekat untuk jongkok hehehe, karena saya tidak bisa buang air besar kalau tidak jongkok, sudah kebiasaan dari kecil :D

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adab Buang Hajat Dalam Islam Dan Ilmu Kesehatan"

Posting Komentar